Selasa, 31 Juli 2018

Pentingnya Menabung untuk Generasi Milenial



Menabung barang kali bukan hal yang mudah  bagi generasi milenial. Mengapa? Generasi milenial atau Gen-X cenderung menyukai hal instan dan mengikuti tren yang ada. Dengan selalu mengikuti gaya hidup tanpa disadari generasi muda Indonesia melupakan kesempatan untuk berinvestasi bagi masa depan. Bahkan karena banyaknya tuntutan gaya hidup, tak jarang dari mereka yang lebih memilih terlihat “wah” dengan apa yang mereka gunakan seperti mengikuti perkembangan teknologi atau gadget terbaru, fashion, mode, ataupun alat transportasi kekinian. Mirisnya lagi ketika generasi muda saat ini cenderung merelakan berhutang dan mengajukan pinjaman kredit demi membeli barang kekinian yang mereka inginkan.
Tanpa disadari generasi milenial telah melupakan aset bagi masa depannya. Parahnya mereka baru menyadarinya ketika hendak berumahtangga. Di usia 20-30 tahunan tak sedikit dari kita yang tidak mendapatkan hasil apapun dari hasil pekerjaan selama ini. Karena banyaknya tuntutan gaya hidup, kita melupakan investasi bagi masa depan.
Bayangkan jika suatu saat kamu akan menikah dan belum mempunyai rumah, atau pikirkan juga ketika kamu sudah tidak bisa bekerja lagi di usia yang tidak lagi produktif. Nah, mumpung belum terlambat yuk lakukan hal yang lebih bermanfaat berikut supaya kamu ga menyesal di masa mendatang.



1.   Biasakan diri mencatat pemasukan dan pengeluaran

Salah satu pola hidup zaman now adalah melupakan pentingnya mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Jangan sampai kita tergoda dengan diskon atau promo-promo online karena trik tersebut cukup menguras pengeluaran. Alhasil pengeluaran jadi tak terkendali dan melebihi pemasukan tiap bulannya. Sebaiknya catat prioritas yang harus didahulukan supaya keuangan aman terkendali.

2.   Kendalikan diri dari “lifestyle zaman now”

Bagi milenial hal ini sangat penting karena gaya hidup milenial yang cenderung selalu ingin mendapat predikat sebagai “anak hits” seakan menjadi sebuah kompetisi. Saat ini generasi muda lebih rela merogoh kocek untuk makan dan nongkrong di luar rumah. Milenial gemar makan atau sekedar minum di tempat bergengsi dan parahnya  hal ini dilakukan berkali-kali dalam seminggu. Tidak sampai di situ, anak muda zaman now juga selalu mengikuti perkembangan fashion, gadget, perawatan kecantikan yang sebenarnya bukan merupakan prioritas karena hanya mengamburkan uang.

3.   Ingat menikah, punya rumah, berkeluarga, dan pensiun

Bisa dibayangkan jika kamu ingin menikah dan tidak ada dananya, lalu belum memiliki rumah. Bayangkan juga bagaimana masa depanmu jika sudah berkeluarga, tentu akan ada banyak kebutuhan apalagi ketika memiliki anak. Pikirkan pula bagaimana masa tuamu! 
 
Apakah kamu tidak menginginkan masa tua yang bahagia bersama keluarga tanpa mikirkan kebutuhan karena semua sudah terjamin?

4.   Mulai berkomitmen

Hal terpenting bagi setiap orang adalah memiliki komitmen. Dalam hal ini sebagai generasi muda yang cerdas, kamu harus memiliki komitmen bagi masa depan. Mulai saat ini atur keuanganmu! Buang kebiasaan memboros-boroskan uang, dan yang terpenting adalah mau berhemat untuk masa depanmu.



5.   Buka rekening dan menabung di bank

Sebagian besar orang beranggapan bahwa menabung adalah hal yang sulit. Sebaiknya ubah mindset tersebut! Memang tidak mudah, tetapi bayangkan saja jika kamu bisa makan di café atau restoran terkemuka dan bisa membeli pakaian setiap bulannya, mengapa kamu tidak bisa menyisihkan uangmu setiap bulan? 

Jika kamu menginginkan kehidupan yang lebih baik, tentu kamu harus berkorban untuk hidup hemat. Sisihkan gaji atau uangmu di bank dan jangan sekali-kali mengambilnya kembali untuk keperluan yang tidak mendesak.
Mengapa di bank? Hal ini adalah mutlak karena menabung di bank tentu sangat aman. Jangan lupakan juga dengan persaingan dan banyaknya bank di Indonesia, maka bank akan berkompetisi memberi layanan terbaik bagi konsumen, hal ini jelas menguntungkan kita termasuk dalam mendapatkan bunga serta promo-promo dalam berbagai event. Manfaatkan era digital dengan berbagai kemudahan seperti layanan SMS Banking dan Internet Banking yang akan memudahkanmu dalam setiap transaksi.

6.   Pentingnya menabung di bank yang dijamin LPS

Sebagai anak muda pasti masih asing dengan singkatan LPS. LPS sendiri adalah kependekan dari Lembaga Penjamin Simpanan yang merupakan suatu lembaga independen yang berfungsi menjamin simpanan nasabah perbankan di Indonesia. Jangan sampai kamu menabung pada bank yang tidak dijamin LPS. Mengapa? Karena dana nasabah di bank akan lebih aman untuk ke depannya, sehingga jika bank mengalami masalah seperti rugi atau pailit, uang yang sudah kamu tabungkan akan tetap bisa diambil karena sudah dijamin oleh LPS.


Jadi apa yang kamu tunggu lagi? Jadilah milenial yang cerdas dan mulailah menabung di bank untuk masa depan yang cerah mulai saat ini!

2 komentar:

  1. Saya juga suka menabung. Simak pengalaman saya menabung hingga akhirnya bisa punya rumah saat masih muda sebelum nikah di bog saya di di http://www.amir-silangit.com/2018/07/karena-menabung-impianku-memiliki-rumah.html

    BalasHapus
  2. Sudah aq liat tadi.. Bagus.. Semoga dilirik juri ya hehe

    BalasHapus