KOREA UTARA - (PART 1 KOMUNIS ATAU SOSIALIS?)

KOREA UTARA
(PART 1 KOMUNIS ATAU SOSIALIS?)

Lama ga nge-blog, Korea Utara telah menarik hati saya untuk kembali menulis. Akhir-akhir ini saya sangat berminat untuk tahu tentang negara Korea Utara dan pemimpinnya Kim Jong-Un. Ada fakta menarik tentang negara ini, mengenai paham, pemimpin, kehidupan masyarakatnya, serta Korea Utara di mata dunia.
Tulisan saya berusaha mengungkap fakta-fakta tentang Korea Utara yang mungkin belum dibahas secara jelas di internet. Yang jelas yang belum banyak dibahas di Wikipedia ya…
Pertanyaan yang muncul di benak saya adalah kalau Korea Utara adalah negara komunis mengapa sangat berbeda dengan China yang juga adalah negara komunis terbesar di dunia. Menyebut Korea Utara-pun juga terkesan sangat menakutkan, diktator, dan identik dengan pelanggaran HAM.
Ada fakta menarik yang saya temukan setelah search “Negara Komunis” pada Wikipedia bahasa Inggris. Negara-negara barat sejak tahun 1948 telah menganggap Korea Utara bukan sebagai negara komunis melainkan negara sosialis. Mengapa sosialis? Korea Utara menegaskan bahwa sistem sosialis dipilih oleh rakyatnya sebagai pembelaan terhadap tuduhan hak asasi manusia. Kebijakan Juche (ideologi resmi pemerintah Korea Utara) dari Kim Il-sung, mengindikasikan lawan dari komunisme tradisional milik Marxis-Leninis.
Kini saya dibuat penasaran dengan Juche…


Menurut Wikipedia, Juche adalah ideologi resmi yang dianut di Korea Utara. Juche mengandung prinsip bahwa "manusia menguasai segala sesuatu dan memutuskan segala sesuatu". Ideologi ini pertama kali dicetuskan oleh Kim Il-sung pada tanggal 28 Desember 1955. Istilah Juche tidak dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau bahasa yang lain.


Lalu apa perbedaan komunisme dengan sosialisme?


      Sosialis adalah paham di mana hal milik pribadi atau properti serta pendistribusian kemakmuran dapat dikontrol secara bersama atau secara komunitas dan bukan oleh pribadi atau suatu kelompok saja. Dalam hal kenegaraan komunitas mengacu ke rakyat dan pribadi mengacu ke seseorang atau kelompok tertentu saja. 

        Dasar dari Komunisme adalah Sosialisme. Jadi Komunisme dibangun diatas fondasi atau dasar sebuah impian bernama Sosialisme. Ya… Sosialisme sifatnya adalah Utopia atau mimpi atau sekadar teori tanpa TINDAKAN. Sedangkan Komunisme yang didengungkan oleh Marx adalah Sosialisme yang BERTINDAK dan DIWUJUDKAN. Makanya setelah muncul Komunisme, kaum Sosialis disebut kaum Utopis atau Pemimpi. Sedangkan Komunisme Karl Marx jelas menyatakan bahwa dengan jalan revolusi sajalah kaum Proletar (kaum tanpa capital/modal) dapat merebut sumber-sumber dan faktor-faktor produksi sehingga mengakhiri era Kapitalisme dan menuju era hidup bersama dalam komunitas kemakmuran bersama.

(http://sejarah.kompasiana.com/2012/02/26/karl-marx-itu-sosialis-apa-komunis-sih-442623.html)


Saat ini negara komunis yang tersisa adalah Cina, Kuba, Laos, dan Vietnam. Jadi Korea Utara bukan ya…
Udah dulu lah… masih bersambung lagi ke-Part-Part berikutnya… bye!




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENILIK KEMBALI SEJARAH DAN DINAMIKA SERIKAT BURUH DI INDONESIA

Dukung Penderita Kusta dan OYPMK Mandiri secara Ekonomi